Mau berubah? Perhatikan hal-hal berikut....

"Semua hal berubah, terkecuali perubahan itu sendiri...."

Kita mungkin pernah menyimpan harapan dalam diri untuk berubah, ke arah positif tentunya. Namun terkadang justru perubahan yang kita harapkan tidak pernah terlaksana, padahal waktu, yang tidak pernah bisa kita hentikan, merupakan faktor pengali yang memiliki kekuatan menentukan hasil perubahan atas apa yang kita harapkan.

Seperti yang saya ungkapkan diatas, bahwa terkadang perubahan tidak pernah terjadi, bahkan mungkin kita sama sekali tidak tergerak dan bergerak melakukan perubahan. Sejauh yang saya perhatikan inilah hal-hal yang menjadikan perubahan tidak terjadi :

1. Kita tidak tahu mau berubah ke arah mana, tidak tahu akan berubah menjadi apa, kita mungkin tidak tahu apa yang perlu dirubah. Kita tidak tahu dimana titik titik kita berada dan tidak tahu titik mana yang diharapkan. Hal tersebut bukan hanya akan menyebabkan tidak tercapainya hasil produktif, namun juga beresiko menyebabkan perubahan tidak pernah terjadi. Untuk itu, penting rasanya apabila kita mau berubah, kita mengetahui kemana arah perubahan yang kita harapkan, hal-hal apa saja yang perlu kita rubah dalam suatu hal.
2. Meskipun kita telah menentukan arah yang menjadi tujuan perubahan, bukan berarti perubahan akan serta-merta terlaksana, menentukan langkah-langkah melakukan perubahan sangat penting untuk dilakukan. Terkadang kebingungan melakukan langkah-langkah perubahan menyebabkan seseorang ataupun organisasi urung untuk melakukan perubahan.
3. Aksi berupa tindakan nyata. Seperti disampaikan sebelumnya, bahwa,,,, waktu yang tidak pernah mungkin bisa kita hentikan merupakan faktor pengali yang menentukan hasil dari perubahan yang dilakukan, semakin banyak kita menyia-nyiakan waktu untuk berubah maka hasil perubahan yang kita harapkan menjadi tidak optimal. Untuk itu, waktu merupakan wadah yang paling tepat untuk segera melakukan perubahan berupa aksi nyata. Meskipun rencana perubahan telah dilaksanakan namun tidak pernah dilakukan tindakan nyata maka perubahan akan sulit untuk terjadi.

Mengingat perubahan selalu terjadi, dan perubahan ke arah positif maka bijak rasanya ketika memanfaatkan waktu guna melakukan perubahan, tentu saja dengan perencanaan yang baik dan aksi yang nyata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar