Rubrik Bisnis Online : High Challenge, More Interesting, More Strategy ( Kiat Membangun Bisnis Online "Juara" )



"Bisnis tidaklah sama dengan Jualan. Jualan adalah menjual barang dan mendapatkan sejumlah uang. Sedangkan bisnis lebih besar dari sekedar jualan, adalah tentang tata kelola, yang didalamnya terdapat kepercayaan, kepuasan, loyalitas, inovasi, strategi, pencapaian dan pembentukan citra". 
(Suwita Adi Wibawa)



Dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi pada tahun 2020 ini, banyak sekali inovasi yang berkembang di masyarakat khususnya dalam bidang teknologi. Selain semakin berkurangnya penggunaan kertas akibat diciptakannya gadget-gadget pintar, bertambahnya penggunaan mesin-mesin hebat dan robotic, berkurangnya penggunaan uang kertas yang mulai digantikan oleh fintech seperti uang elektronik dan dompet elektronik, saat ini berbelanja pun dapat dilakukan dengan cara baru dan lebih praktis dengan jarak jauh atau online, karena cukup dengan berbekal gadget dan koneksi internet dunia beserta isinya nampak seperti dalam genggaman. 

Pemanfaatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentu aja membuat geliat dunia bisnis tidak pernah padam, bahkan industri berbasis online marketing semakin bergeliat adanya. Karakteristik individu masa kini yang cenderung mencari sisi praktis turut mendorong bisnis online semakin melejit dan menguntungkan, ditambah dengan sedang merebaknya pandemi covid-19 di Indonesia menuntut setiap warga negara untuk tetap berada di rumah, bekerja di rumah, dll tentu aja berbisnis (jual-beli) online menjadi solusi. Diantara beberapa keuntungan atau kelebihan bisnis online Saya paparkan sebagai berikut : 
  1. Menghemat waktu dan tenaga. 
  2. Jam berbinis lebih flekibel, dapat dilakukan hingga 24 jam, bebas mengatur jam buka, jam istirahat dan jam berlibur. 
  3. Pasar tidak dibatasi daerah atau teritori, artinya konsumen dari daerah manapun dapat berbisnis dengan kita. 
  4. Modal usaha lebih kecil, karena kita tidak perlu terlalu banyak melakukaan pengadaan barang-barang penunjang, dll. 
  5. Tidak perlu toko fisik. 
  6. Kita dapat melakukan perbandingan harga dengan toko online yang lain. 
  7. Bisnis mudah berkembang mencakup pasar baru ataupun pasar yang belum terjamah, baik menurut karakteristik konsumen, ceruk pasar ataupun wilayah baru. 
  8. Lebih mudah menyusun laporan penjualan dan keuangan serta membantu mempermudah analisa bisnis, karena banyak sekali support program laporan keuangan dan statistik. 

Kalo yang ini gambar bikin sendiri (terniat.... hehehe)

Melihat begitu potensialnya peluang usaha yang dilakukan melalui bisnis online, maka Saya akan membagikan kiat-kiat, tips, point-point penting atau "cuap-cuap" agar bisnis online rekan-rekan diharapkan dapat berjalan dengan baik bahkan meraih kesuksesan, semoga Saya dapat mengemasnya dengan bahasa tidak terlalu teoritis dan tidak terlalu kaku sehingga mudah untuk dipahami, check it out !!!!



A. RENCANAKAN PRODUK UNGGULAN ANDA 

Sebelum membahas tentang produk unggulan, Saya ingin menegaskan terlebih dahulu, bahwa yang dimaksud dengan produk unggulan yang dimaksud oleh Saya adalah berbagai produk baik berupa barang/ benda maupun produk layanan/ jasa. Hal tersebut Saya maksudkan agar kita dapat melihat lebih komperhensif bahwa yang dinamakan produk tidak identik dengan barang/ benda saja, karena yang dinamakan produk adalah sesuatu yang dihasilkan, maka layanan/ jasa yang dihasilkan untuk memenuhi harapan pelanggan itupun juga disebut produk…. Baiklah, mari kita bahas point mengenai produk unggulan ini. 

JIKA ANDA…. adalah seseorang atau sekelompok orang yang berposisi sebagai PRODUSEN, yang artinya Anda adalah pihak yang membuat sebuah produk, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset dan analisa pasar/ pemasaran yang baik. Sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset dan analisa pasar/ pemasaran guna memastikan apakah produk yang nantinya akan Anda produksi (sebelum akhirnya dijual kepada konsumen) dapat diterima dengan baik oleh konsumen dan pada akhirnya menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang banyak. 

“Riset pasar/ pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan dan menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.” (American Marketing Association) 

Riset dan analisa pasar/ pemasaran tentu saja sangat banyak, Anda dapat menggunakan Marketing Mix 4P dan 7P dll, Anda juga perlu untuk melakukan analisa terhadap keberadaan pesaing atau sering kita dengar dengan istilah market intelligent serta melihat dimana momentum berada. Banyak sekali kesukesan terjadi terkadang bukan semata-mata karena produk berkualitas dan strategi pemasaran yang terkonsep baik, namun moment membantu perkembangan bisnis melaju cepat. Banyak contoh pihak yang melakukan bisnis kehilangan momentum sehingga pesaing justru yang leading (unggul) meskipun segala hal telah dipersiapkan dengan baik oleh yang bersangkutan. Setelah Anda melakukan riset dan analisa pasar/ pemasaran yang baik maka yang perlu Anda lakukan adalah mendesain produk yang memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Melakukan produksi masal memang merupakan hal yang dinantikan setiap produsen, namun produksi sekala besar tersebut jangan dilakukan dengan cita-cita, proses dan kualitas yang asal-asalan, karena konsumen akan mencari produk yang memenuhi kebutuhan dan harapannya, juga konsumen yang tidak mendapatkan apa yang diharapkannya tidak akan pernah melakukan pembelian ulang kepada kita, lebih parah dari itu konsumen yang kecewa akan menyebarkan kekecewaannya ke lebih banyak orang. Untuk itu, mendesain produk tentu haruslah memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, jika Anda udah berhasil melakukan hal terebut, maka Anda dapat melakukan produksi masal, produksi skala besar dan menjualnya kemudian. 

NAMUN…. JIKA ANDA…. adalah seseorang atau sekelompok orang yang berposisi sebagai DISTRIBUTOR/ AGEN PENYALUR, PENJUAL RITEL (ECERAN), yang artinya Anda adalah pihak yang berada diantara produsen dan konsumen, maka Anda perlu memikirkan dan menjawab hal-hal sebagai berikut sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis dengan pihak konumen maupun produsen. Hal-hal tersebut adalah apakah produk yang akan Saya beli dari produsen adalah produk yang bermanfaat bagi konsumen? Apakah produk yang akan Saya beli dari produsen adalah produk yang Berkualitas…. Bernilai…. Unik…. bagi konsumen? Jika Anda memandang bahwa produk yang Anda beli dari produsen adalah produk yang bermanfaat, berkualitas, bernilai, unik, dibutuhkan pada saat ini dan akan datang, memiliki nilai untuk dijual kembali dan lain sebagainya, maka udah sepantasnya Anda memiliki keyakinan dan kepercayaan diri untuk terus menjalankan bisnis produk tersebut. 

DAN…. JIKA ANDA…. Adalah berpoisi gabungan keduanya, maka Anda cukup mengkolaborasikan kedua hal diatas, hehehe. 



B. RENCANAKAN STRATEGI JUARA ANDA DALAM BERBISNIS & BERJUALAN 

Sebenarnya melakukan tata kelola yang efektif, produktif dan efisien merupakan salah satu kunci sebuah bisnis proses dapat sukses, namun Saya tidak memfokuskan hal tersebut untuk Saya bahas disini. Yang akan Saya bahas pada point berikutnya ini adalah bahwa sebaik apapun produk didesain, seefisien apa bisnis Anda, semua akan berujung pada strategi juara apa yang Anda lakukan dalam berjualan. Tanpa strategi juara dalam pemasaran, maka pergerakan barang terjual cenderung lebih lambat, keuntungan lama didapatkan begitupun kesuksesan Anda dalam berbinis. Dalam point ini Saya membagi menjadi dua strategi juara, yaitu strategi pemasaran dan strategi teknologi. Mari kita ulas !!!! 

 YANG PERTAMA adalah STRATEGI PEMASARAN. Banyak sekali strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan sesuai dengan karakteristik bisnis dan ceruk pasar Anda, namun strategi pemasaran bisnis Anda harus menyasar kepada dua hal penting yaitu peningkatan brand image produk dan perusahaan, lalu yang kedua adalah peningkatan pendapatan dan keuntungan. Setiap pebisnis memiliki prioritas berbeda-beda dalam menargetkan langkah kesuksesannya, ada yang memulai dari membangun brand image yang baik terlebih dahulu sehingga diharapkan pendapatan dan keuntungan menyusul kemudian, namun ada juga yang mati-matian mengejar pendapatan dan keuntungan melalui penjualan produk terlebih dahulu dan berharap brand image dapat terbentuk secara otomatis. Bebas-bebas saja sich, lagian pendekatan strateginya akan berbeda, Anda bagaimana? Apakah anda pemuja brand image? atau mengedepankan kuantitas penjualan? hehe....
Sejatinya bahwa brand image serta pendapatan merupakan sebuah siklus yang idealnya harus dibangun bersama-sama jika ingin meraih kesuksesan yang luar biasa. Peningkatan brand image dan pendapatan atapun keuntungan merupakan hubungan sebab akibat. Merencanakan brand image serta merencanakan pendapatan dan keuntungan tentu memiliki strategi berbeda, namun bukan berarti tidak bisa dilaksanakan berbarengan, tentu saja dapat dilakukan berbarengan. Keduanya, brand image dan pendapatan harusnya terikat dalam satu filosofi marketing yaitu “Merubah Rasa Ingin Menjadi Rasa Butuh”. 
Nah bila Anda ingin meningkatkan brand image bisnis online Anda, dengan tujuan dan target pemasaran jangka panjang, dengan maksud bahwa Anda menginginkan konsumen selalu mengingat produk dan perusahaan Anda, maka pendekatannya adalah membangun persepsi yang kuat di benak konsumen tentang produk yang Anda jual dan perusahaan Anda melalui produk berkualitas, pelayanan prima serta media efektif. Tentu saja dengan semakin berkembangnya teknologi informai membangun brand image lebih mudah, murah (Saya tidak bilang gratis loh ya) dan efektif menjangkau pasar. Tips untuk mengembangkan strategi peningkatan brand image serta pendapatan dan keuntungan melalui media detailnya akan Saya ulas di bagian kedua yaitu STRATEGI TEKNOLOGI. 
Namun jika Anda menginginkan peningkatan pendapatan dan keuntungan, dengan pemasaran dan target jangka pendek, melalui penjualan langsung atau biasa disebust selling/ sales, berikut tips yang dapat Saya bagikan dalam berbisnis online, agar produk yang anda tawarkan lebih terlihat menarik, sehingga dapat mengubah persepsi konsumen dari yang semula hanya menginginkan produk Anda menjadi membutuhkan produk Anda, ini dia : 
  1. Pasang atau beri Tagline produk atau perusahaan Anda sebagai judul yang menarik perhatian.
  2. Jadikan atau upload menjadi headline produk yang paling Anda jagokan, paling memenuhi harapan konsumen. Produk yang spesifikasi dan kualitasnya berada di bawah produk utama tidak perlu Anda jadikan Headline. Upload dan pastikan menggunakan gambar atau video yang kualitasnya terbaik. 
  3. Ulaslah dengan detail dan spesifikasi setiap produk yang Anda upload, sehingga konsumen mendapatkan kemudahan mencari informasi. 
  4. Sampaikan informasi mengenai detail dan spesifikai produk dengan Bahasa yang menarik dan mudah dimengerti. Anda juga dapat memberi warna yang beragam, pastikan juga gambar atau video tidak jelek. 
  5. Jujur dan tuluslah dalam menyampaikan informasi produk. 
  6. Dalam menentukan harga jual gunakanlah angka unik agar konsumen tertarik secara pikologis. 
  7. Berikan penawaran menarik kepada konsumen sebagai penghargaan, seperti diskon tetap, diskon berbatas waktu, promo dengan syarat dan ketentuan, program member mengajak konsumen baru, gratis ongkos kirim, jaminan pengiriman, bonus hadiah langsung, beli 1/2/3 gratis 1, harga lebih murah pada penjualan paket (bundling ataupun combo) serta promo-promo menarik lainnya. 
  8. Menambah serta memperluas jaringan. Hal terebut dapat dilakukan kepada distributor, rekan sekolah, rekan kantor bahkan hingga ke konsumen, Anda juga dapat mengembangkan jejaring dengan bergabung dengan komunitas. Semakin banyak jejaring Anda, semakin banyak yang tau bisnis Anda, maka semakin besar potensi bisnis kita berkembang. 
  9. Blow up testimony positif dari konsumen yang pernah membeli produk kita. 
  10. Sesekali lakukanlah program give away (untuk produk berupa barang) dan trial/ uji coba gratis (untuk produk berupa layanan jasa) agar konsumen mendapatkan serangkaian pengalaman (customer experience) menggunakan produk terbaik Anda, mudah-mudahan menjadi Word of Mouth yang membantu Anda mempromosikan bisnis Anda.

YANG KEDUA adalah STRATEGI TEKNOLOGI. Berbisnis pada masa kini, apalagi bisnis online, udah menjadi kewajiban bagi kita untuk menggunakan gadget (computer, tablet, handphone) serta koneksi internet. Penggunaan gadget dan internet ini merupakan salah satu strategi wajib yang akan mengembangkan brand image Anda, mempermudah promosi produk dan justru membantu penjualan produk secara langsung. Zaman sekarang brand image produk dan perusahaan dapat dilihat dari dimiliki atau tidaknya situs internet, bagus atau jeleknya, kemudahan dan kepraktisan dan seterusnya dan seterusnya. Kita tentu saja dapat berbisnis online menggunakan platform jual beli milik pihak lain, itu tentu akan membantu penjualan langsung Anda, namun jika Anda ingin membangun brand image produk dan peruahaan Anda sendiri maka perlu rasanya membangun website sendiri.

Dalam membuat website bisnis online Anda pemilihan perusahaan jasa dan penyedia webhosting tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Kita perlu memperhatikan kompetensi dan pengalaman dari perusahaan jasa tersebut guna memastikan apakah jasa layanan yang diberikan kepada kita dalam membangun bisnis online sudah sesuai dengan harapan kita. Salah satu perusahaan jasa dan penyedia webhosting dan pemanfaatan teknologi informasi dalam bisni online yang terbaik adalah MASTERWEB. MasterWeb sebagai perusahaan jasa yang sangat hAndal dalam menyediakan HOSTING MURAH INDONESIA, dan apapun berkaitan dengan kebutuhan bisnis online Anda termasuk BELI HOSTING. Jangan ragu untuk memercayakan kebutuhan jasa bisnis online ke MASTERWEB karena merupakan HOSTING BISNIS TERBAIK di Indonesia.

Untuk memperkuat dan mempermudah ikatan niaga Antara Anda sebagai pebisnis dengan konsumen, meningkatkan intensitas promosi maka Anda dapat melakukannya dengan mempromosikan produk Anda di social media (Facebook, Instagram, Twitter, dll) yang pada akhirnya diarahkan menuju website Anda sendiri (yang pembuatannya difasilitasi oleh MASTERWEB tentunya).



Catatan Tambahan :
Mengapa sangat penting bagi Anda memilih MASTERWEB sebagai partner bisnis online Anda?

  1. MasterWeb merupakan penyedia domain dan hosting terbaik di Indonesia dengan klaim peraih pangsa pasar hosting terbesar di Indonesia.
  2. Fitur terlengkap dengan layanan terbaik dan berani memberikan jaminan harga terbaik dan termurah.
  3. Didukung oleh tenaga ahli dan profesional yang berpengalaman.
  4. Layanan bantuan teknis profesional 24/7. Ini kalo saya persepsikan adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu, mantap !!!!
  5. Tersertifikasi ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu Terpadu.
  6. Banyak promo dan diskon.
Anda dapat melihat https://www.masterweb.com/ untuk menghilangkan keraguan anda.







"Terkadang dalam membangun media teknologi dan informasi bisnis kebanyakan pihak terlalu berfokus terhadap media teknologi apa yang efektif, siapa penyedia jasa teknologinya, namun melupakan nama domain. Nama domain Anda berperan penting dalam membangun persepsi dan pengalaman konsumen/ pelanggan".
(Suwita Adi Wibawa)

Sedikit tips menentukan nama domain (penting untuk dipraktekan) dalam membangun image produk dan perusahaan Anda :

  1. Idealnya, nama domain haruslah terkait identik dengan produk atau perusahaan Anda, jangan mentang-mentang harus menarik dipilihkah nama domain yang justru tidak menggambarkan merk produk atau nama perusahaan Anda. Karena ini adalah media brand image produk dan perusahaan Anda maka jangan main-main.
  2. Semakin pendek semakin mudah diingat, akan mempermudah konsumen mencari Anda.
  3. Sesuaikan domain Anda dengan pasar yang Anda targetkan. Pilihlah eksistensi domain yang sesuai dengan pasar Anda. Jika di Indonesia anda bisa gunakan .id , .co.id dll. Jika anda pebisnis jangan gunakan .sch.id karena itu untuk sekolah. Jika target pasar Anda adalah Global/ Internasional maka perlu dipikirkan nama domain yang lebih universal. Rekomendasi saya.... gunakanlah ekstensi domain .com karena lebih banyak keunggulannya.
  4. Sebisa mungkin hindari penggunaan tanda baca dan angka guna menghindari kesalahan pengetikan. Jika salah ketik konsumen disambungkan bukan kepada Anda, namun kepada pihak lain.
Jika Anda udah yakin dengan nama domain Anda, segera order domain Anda melalui MASTERWEB



C. INI TENTANG KONSISTENSI ANDA 

Sebaik apapun konseptual bisnis online kita belum tentu menghantarkan kita kepada kesuksean, kunci utama kesuksesan di segala bidang (termasuk bisnis online) adalah diri kita sendiri. Izinkan Saya mengutip kalimat motivasi berikut ini : 

 “Hal yang paling sulit di dunia ini adalah menaklukan diri sendiri”. (anonym) 

Seandainya Anda dan kita, tidak dapat menaklukan diri sendiri dalam menegakkan konsitensi, membangun budaya kualitas atau tidak berkomitmen dan konsistem mengembangkan bisnis online yang telah dibangun, niscaya kesuksesan itu tidak akan kita dapatkan, ibarat jauh panggang dari api.

Berikut ini adalah tips yang perlu anda pertimbangkan, berupaya konsisten, dan dilakukan berkesinambungan agar tercipta budaya mutu/ kualitas dalam pengembangan dan kesuksesan bisnis online Anda, whatch out !!!! :
  1. Fokus menjalankan bisnis, bisnis online menuntut focus anda, anda tidak akan sukses jika tidak menyelam dalam mendalami bisnis Anda. 
  2. Untuk membuka peluang lebih besar, maka perlu secara terus menerus melakukan update produk pada social media, dengan ritme yang terencana tentu saja. Update dapat dilakukan per 30 menit, per jam, per hari, perminggu, atau Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan karakter produk dan kecenderungan pasar, sedang untuk website tidak perlu terlalu sering update ketika tidak ada hal baru. Jangan berhenti dan merasa cukup ketika anda sudah mengupload produk Anda. Untuk produk berupa layanan jasa, sering atau tidaknya perlu update juga dapat anda rencanakan sendiri. Mengapa perlu melakukan update? Karena kita perlu mempelajari kebiasaan konsumen dalam membeli suatu produk, kita perlu untuk mengetahui pada jam-jam waktu mana promosi produk kita efektif diserap oleh konsumen, sehingga kita dapat mengembangkan trategi lainnya dengan lebih serius lagi.
  3. Sebagai pebisnis yang menginginkan kesuksesan, kita perlu bersifat responsive atau tanggap. Dalam hal apa kita dituntut untuk reponsif? Pertama adalah “Gercep” atau gerak cepat ketika ada konsumen bertanya dan membeli, jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama sehingga akhirnya batal membeli produk kita. Kedua adalah reponsif dalam menangani complain dari pelanggan. Ketiga adalah responsive dalam memberikan pelayanan prima dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan. Keempat adalah responsive dalam memperbaiki kekurangan. Kelima dan merupakan yang terakhir adalah responsive untuk membangun brand image, setiap ada testimony positif beritakan, setiap ada hal positif viralkan, branding-kan!!!! 

Konsistensi ini penting dilakukan dalam rangka menurunkan tingkat kecewa pelanggan, meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, menambah pelanggan loyal, mengubah pelanggan incidental/ biasa menjadi pelanggan loyal serta membentuk pelanggan yang mengajak pelanggan lain membeli produk kita. Seperti pernyataan dan hasil penelitian berikut, bahwa : 

“Pelanggan yang puas akan merekomendasikan kepada beberapa teman dekatnya, namun pelanggan yang kecewa akan menyebarkan kekecewaannya kepada 68% orang yang dikenalnya”. (dikutip banyak trainer) 

“Konsumen yang kecewa sungguh berbahaya. 31% konsumen yang tidak puas memberitahu orang lain, 6% dari jumlah terebut menyebarkannya kepada 6 orang lainya atau lebih”. (The Jay H Baker Retailing Initiative)

Gambar dicopy dari https://marketing.co.id/wp-content/uploads/2011/09/CustomerSatisfaction_Painting.png


Demikianlah sedikit tips yang dapat Saya sampaikan, mudah-mudahan dapat menjadi referensi dan bahan dikusi yang bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar